Tips Menghentikan Kebiasaan Merokok


Anda peduli pada kerabat yang suka merokok lalu menyuruh mereka untuk mencoba berhenti?

Saran yang bijaksana. Terdengar mudah memang. Namun, justru realisasi terhadap saran yang Anda berikan itulah yang menjadi tantangan untuk perokok.

Siapa sih yang tidak tahu slogan yang tertera pada bagian depan bungkus rokok? Hampir setiap perokok tahu benar sederetan nama penyakit yang akan mengincar mereka jika kebiasaan itu tetap dipertahankan. Jantung, kanker, liver, impotensi, semuanya bukan penyakit main-main.

Tak jarang penyakit tersebut berujung pada kematian. Tapi toh sederetan jenis penyakit berat
itu seakan hanya label formalitas yang tak dapat menyurutkan niat para perokok untuk tetap
meneruskan kebiasaannya.

Kebiasaan merokok menimbulkan ketagihan. Mulanya para perokok berat pun menjadi seperti itu hanya
sekadar coba-coba untuk merokok. Hasilnya? Untuk menghentikan hasil ‘coba-coba’ mereka, dibutuhkan
usaha yang jauh lebih berat.

Untuk menghilangkan kebiasaan merokok , para perokok harus berjuang dengan keras. Menghentikan
kebiasaan merokok tak semudah menghentikan kebiasaan makan permen.

Nikotin telah menimbulkan rasa candu pada perokok, seperti efek yang diberikan oleh narkoba. Rasa kecanduan itulah yang harus diatasi
terlebih dahulu.

Tentu perokok yang ingin berhenti membutuhkan banyak dukungan, baik dari diri sendiri maupun lingkungan.

Beberapa tips di bawah dapat Anda coba untuk menghentikan kebiasaan
merokok.

* Mula-mula, Anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa Anda memang benar-benar ingin berhenti

Yakinkan diri Anda bahwa lebih baik berhenti sekarang daripada terus merokok.

Orang yang memutus kebiasaan merokok memiliki kehidupan yang lebih baik. Mereka beresiko kecil terkena penyakit berbahaya yang disebabkan rokok.

* Mengganti rokok dengan kacang kulit dan teh

Mengonsumsi kacang tanah olahan yang masih tertutup kulitnya mampu
mengurangi keinginan merokok karena Anda akan disibukkan untuk mengupas kacang lalu memakannya.

Tidak perlu khawatir, lemak yang
terkandung dalam kacang tanah adalah lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan.

Teh juga dapat menjadi alternatif jika Anda tidak menemukan kacang tanah.

* Selalu minum teh hijau ketika Anda mulai merasa ingin merokok

Teh hijau yang mengandung kafein
mampu memberikan Anda tambahan semangat yang biasanya Anda dapatkan dari rokok.

* Melakukan terapi alternatif

Banyak perokok sukses berhenti dari kebiasaannya karena menjalani terapi. Terapis membantu perokok melalui alam bawah sadar mereka dan melakukan pendekatan melalui beberapa pertanyaan, seperti alasan
merokok apakah hanya untuk kesenangan atau untuk membunuh stres.

Sang terapis akan memberikan saran yang sesuai untuk Anda.

* Membuat label sendiri pada bungkus rokok

Tulisan seperti ‘saya harus berhenti merokok’ atau ‘rokok akan merusak
kesehatan’ yang ditempelkan pada bagian bungkus rokok akan terbaca ketika Anda secara tidak sadar ingin
merokok.

Tulisan seperti itu dapat menjadi
pengingat yang efektif terutama jika di sekitar Anda tidak ada yang
mengingatkan.

* Sediakan banyak permen keras di rumah

Permen yang keras akan bertahan lebih lama di mulut sehingga Anda akan konsentrasi untuk menghabiskannya. Ada baiknya jika Anda membeli permen dengan rasa yang ada suka agar kecederungan untuk merokok dapat diganti dengan permen.

* Memakan buah jeruk atau camilan rasa jeruk

Kandungan buah jeruk akan mengurangi, bahkan menghilangkan selera Anda untuk mengisap
rokok lagi.

* Menaruh jauh-jauh korek api dan pemantik rokok

Apa jadinya sebuah rokok tanpa pemantik? Tentu Anda tidak dapat
menyalakan rokok yang Anda miliki. Anda dapat memercayakan pemantik tersebut pada kerabat yang mendukung niat Anda untuk berhenti
merokok.

* Menjauhi kerumunan perokok

Melihat orang-orang melakukan aktivitas yang pernah Anda suka akan menimbulkan keinginan Anda untuk mencobanya lagi.

Melatih kepekaan terhadap bau dan asap rokok dapat Anda lakukan. Ketika sudah mengetahui ada tanda-tanda keberadaan rokok, Anda harus menjauh agar tidak terbesit lagi keinginan untuk mencoba.

* Menyiapkan celengan khusus uang untuk membeli rokok

Jika Anda ingin membeli sebungkus rokok, cobalah untuk meredam keinginan tersebut lalu menaruh uangnya pada celengan khusus.

Jika hal ini terus Anda lakukan, suatu saat nanti Anda akan terkejut ketika menjumpai uang yang seharusnya menjadi asap telah terkumpul melebihi dari apa yang Anda perkirakan.

* Jangan pernah berhenti untuk berhenti merokok

Tidak hanya Anda yang akan merasakan efek positif dari berhentinya kebiasaan Anda untuk merokok, tetapi juga lingkungan Anda.

Mulailah untuk menyayangi diri sendiri dan orang lain dengan tidak membahayakan mereka melalui asap rokok yang Anda keluarkan.

Semoga bermanfaat.

Source: http://informasitips.com

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H, Mohon maaf segala salah dan khilaf. Mohon maaf lahir dan batin.
(lebaran H+4).

Satu pemikiran pada “Tips Menghentikan Kebiasaan Merokok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s